William R. Hewlett

foto berita artikel William R. Hewlett (1913-2001) adalah pendiri Hewlett-Packard Company (HP) bersama David Packard. William R. Hewlett lahir pada tanggal 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Michigan, Amerika.
William R. Hewlett mendapat gelar Bachelor dari University of Stanford, California pada 1934. Kemudian tahun 1936 dia mendapat gelar Master dalam bidang teknik elektro dari Massachusetts Institute of Technology dan pada tahun 1939 dia mendapatkan gelar Insinyur dari Stanford University.
William R. Hewlett dan David Packard adalah teman akrab sewaktu kuliah di University of Stanford. Kemudian pada tahun 1939 keduanya bersama-sama mendirikan Hewlett-Packard Company. Hewlett mulai bekerja di perusahaan itu sebagai Wakil Presiden di Hewlett-Packard Company. Tahun 1957, ia menjabat Executive Vice President. Tujuh tahun kemudian, Hewlett menjabat sebagai President of HP. Pada tahun 1969, ia menjabat Chief Executive Officer. Hewlett memegang jabatan ini selama 9 tahun. Tahun 1978, dia berhenti dari jabatannya itu.
William R. Hewlett adalah salah seorang ilmuwan yang mengabdikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karenanya, pada tahun 1985, Presiden Amerika Ronald Reagan memberikan penghargaan National Medal of Science kepada William R. Hewlett atas jasa-jasanya dalam mengembangkan IPTEK. Penghargaan yang diterima Hewlett tersebut merupakan penghargaan science tertinggi di Amerika. Selain itu Hewlett juga mempunyai perhatian besar terhadap masalah-masalah pendidikan, kesehatan dan sosial. Dia telah banyak bekerja di berbagai instansi-instansi, seperti di Stanford Medical Center, Kaiser Foundation Hospital, The Carnegie Institution of Washington dan Drug Abuse Council yang berada di Washington.
William R. Hewlett meninggal pada 12 januari 2001 pada usia 87 tahun. Namun, nama Hewlett akan tetap selalu dikenang oleh banyak orang, karena perusahaan yang didirikannya bersama David Packard tersebut merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia yang bergerak dalam bidang IT (Information Technology). Hewlett-Packard Company sendiri hingga saat ini sangat produktif menciptakan berbagai alat komputasi seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer, notebook dan lain sebagainyanya. Barang-barang produksi Hewlett-Packard banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.
Sampai sebelum meninggalnya pada Januari 2001, Hewlett mendapatkan tidak kurang dari delapan gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas terkemuka di Amerika.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar